Minggu, 05 Januari 2014

6 Aplikasi Chatting Paling Populer


Seiring berkembangnya teknologi smartphone, maka turut bermunculan juga aplikasi chattingyang dapat diunduh dan digunakan pada smartphone. Sebut saja, whatsapp, kakaotalk, line,wechat, BlackBerry Messenger dan masih banyak lagi. Bahkan pengguna smartphone sampai bingung harus menggunakan aplikasi chatting mana yang akan digunakan pada smartphone miliknya. Terlebih bagi mereka yang memiliki smartphone dengan spek yang masih tergolong rendah. Dengan menginstal banyak aplikasi tentu ini akan membuat ponsel menjadi semakin berat saat bekerja.
Nah dari sekian banyak aplikasi yang tersedia untuk smartphone, berikut adalah aplikasi chatting paling populer sejak 2013 hingga sekarang.
1. Whatsapp
whatsapp
Aplikasi chatting ini adalah aplikasi paling populer pertama yang dipakai pengguna smartphone di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, hampir semua pengguna smartphone memilik whatsapp di ponselnya. Whatsapp yang berdiri tahun 2009 menurut data terbaru berhasil meraih 400juta pengguna aktiv dalam sebulan hingga 21 Desember 2013.
Menurut statistik pencapaian whatsapp untuk menjadi aplikasi chatting paling populer juga telah jauh menandingi pesaingnya. Whatsapp yang bermarkas di Santa Clara, California juga mengatakan telah berhasil menambahkan 100 juta pengguna baru ddalam empat bulan terakhir. Whatsapp yang awalnya dibuat untuk pengguna iPhone ini telah meraih sukses yang luarbiasa tanpa menjalankan iklan dan game online di aplikasinya. Tetapi untuk tetap dapat menggunakan whatsapp di smartphone, pengguna harus membayar biaya berlanggan sebesar 99 sen Dolar Amerika. Di balik kesuksesannya, whatsapp malah dicekal di Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah. Hal inilah yang membuat pihak whatsapp dilanda kepusingan.
2. WeChat
wechat
WeChat resmi hadir di Indonesia pada 28 Februari. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa platform OS sepereti  Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, dan platform Symbian. WeChat yang dikembangkan oleh Tencent, China, mengklaim telah diunduh oleh 30 persen pengguna smartphone di Indonesia dan 100 juta pengguna di luar China. Atas pencapaiannya yang cukup baik ini pantas jika WeChat menjadi aplikasi chatting paling populer nomer 2.
3. Line
line
Tidak hanya di smartphone, kini Line juga tersedia untuk PC. Namun untuk menggunakan Line di komputer, pengguna harus memiliki akun Line di smartphone terlebih dahulu. Pencapaian Line juga tak kalah bagus  dari aplikasi chatting lainnya sehingga pantas untuk menjadi aplikasi chatting paling populer nomer 3. Line yang merupakan anak usaha dari Naver, Jepang ini mendapatkan 100 juta pengguna pertama pada Januari 2013. Hingga November 2013, Line telah memiliki 300 juta pengguna aktif secara global dan 14 juta pengguna di Indonesia.
4. Skype
skype
Aplikasi chattting paling populer nomer 4 diduduki oleh Skype. Aplikasi Video Call yang awalnya diluncurkan untuk pengguna iPhone ini langsung mendapat tempat di hati para pengguna smartphone sejak petama diluncurkan. Berdasarkan laporan, skype yang merupakan milik Microsoft ini berhasil memiliki 280 juta pengguna aktif bulanan. Bahkan dikutip dari blogresminya, Skype menghasilkan dua miliar menit panggilan dalam setiap harinya. Pencapaian i ni tentunya karena karena usaha Microsoft yang terus memperluas jangkauan Skype dalam kurun waktu terakhir.
5. BBM
bbm
Tidak hanya eksklusive pada perangkat Blackberry, BBM juga telah tersedia untuk OS Android dan iOS. Blackberry Mesenger atau yang biasa disingkat BBM memperluas jangkauannya diluar pengguna perangkat Blackberry pada 20 Oktober 2013. Dengan dapat diunduhnya BBM untuk Android dan iOS, kini aplikasi chatting besutan Research in Motion ini sudah memiliki 100 juta pengguna. Sebuah peningkatan yang luar biasa mengingat BBM hanya memiliki 60 juta pengguna ketika hanya dapat digunakan di perangkat Blackberry saja. Pencapaian ini tentu pantas jika BBM mendapat peringkat ke 5 dalam urutan aplikasi chatting paling populer.
6. KakaoTalk
KakaoTalk
KakaoTalk pertama kali diluncurkan Maret 2010. Hingga November 2013, KakaoTalk telah memiliki 120 juta pengguna secara keseluruhan. Pencapaian KakaoTalk untuk menjadi aplikasi chatting paling populer nomer 6 tentu saja berkat fitur-fiturnya yang menarik dan inovatif. KakaoTalk juga tersedia dalam versi PC untuk memungkinkan penggunanya tetap terhubung ketika sibuk di depan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar