Rabu, 14 November 2012

KENAPA OBAT MAAG HARUS DIKUNYAH?


Beberapa orang mungkin pernah mengonsumsi obat maag dan bertanya-tanya “Kenapa sih obat maag  harus dikunyah? Tidak bisa  langsung ditelan aja?”. Petanyaan sederhana, tetapi menuntut penjelasan yang cukup serius karena ini berhubungan dengan efek obatnya.
Maag merupakan isitilah dari bahasa  Belarnda yang berarti lambung sehingga nyeri pada lambung diidentikkan dengan sakit  maag. Secara umum gejalanya adalah sakit pada ulu hati, dapat diikuti juga dengan mual  bahkan muntah, dan kembung  serta nafsu makan berkurang. Memang jika diamati sekilas, sepertinya gejala ini tidak berbahaya. Namun, bila  tidak  dilakukan pengobatan  yang  tepat, gejala  ini  akan  bertambah  parah.
Sebelum gejala  ini diatasi dengan obat memang lebih  baik  jika  penderita  menerapkan  pola  hidup sehat seperti pengaturan pola makan yang teratur, tidak mengkonsumsi makanan pedas, asam, dan berkafein, tentunya menghindari rokok dan alkohol. Selain itu juga menghindari stres dan olahraga rutin. Jika memang perlu dibantu dengan obat, ada beberapa terapi yang dapat dijalani pasien.
Seperti yang telah disebutkan diatas, obat maag berupa tablet yang banyak beredar bebas dipasaran bentuknya merupakan  tablet  kunyah,  obat  ini dapat  dibeli  tanpa  resep dokter dan merupakan pilihan pertama untuk menangani gejala maag. Golongan obatnya adalah antasida kandungan umumnya  berupa Al(OH)3  dan Mg(OH)2 maupun kombinasi keduanya. Golongan obat  ini dalam pengonsumsiannya m emang harus dikunyah terlebih  dahulu, hal ini  untuk  meningkatkan  kerja  obat  dalam  menurunkan  asam  lambung.
Selain itu harus dimakan saat perut kosong yaitu sejam sebelum makan atau dua jam setelah makan. Obat maag bekerja dengan menurunkan pH lambung. Saat serangan maag itu terjadi, lambung mengeluarkan cairan lambung yang biasanya membantu dalam  proses pencernaan sehingga menyebabkan pH lambung menjadi lebih asam. Dibagian inilah obat maag bekerja menormalkan asam lambung menjadi lebih basa daripada sebelumnya. Mengunyah obat menyebabkan obat bekerja lebih cepat dalam menormalkan pH lambung. Dengan dikunyah, obat obat menjadi bagian yang lebih kecil.
Namun, bukan berarti apapun obatnya harus dikunyah terlebih dahulu untuk menjadikan ukurannya menjadi lebih kecil karena enzim dalam saluran pencernaan membantu dalam hal ini. Jadi tetap lihat petunjuk pemakaian terlebih dahulu. Bagaimana kalau langsung di telan saja obat maagnya? Obat tersebut masih bekerja dan masih memberikan efek tetapi lebih lama munculnya. Jadi sebaiknya untuk memakan obat maag itu  perlu dikunyah dulu baru ditelan,  kemudian minum segelas air. 
Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar